Friday, July 13, 2012

Mengenang Ola


Aku tak ingat nama lengkapnya...ia pun paham aku tidak bisa berbahasa arab maka ia beritahukan nama panggilannya saja, Ola. Wanita ini lebih muda dariku, umurnya 33 tahun, berasal dari Mesir, suaminya seorang dokter gigi yang juga tengah mencari nafkah di Saudi Arabia. Aku mengenalnya karena sofa bed kami dalam tenda group haji 2 tahun lepas, bersebelahan. Ola mengenakan jilbab, seluruh wajahnya tertutup...masyaAllah...aku pernah berkata padanya, aku ingin mengenakan jilbab seperti dia. Lalu kutanya kenapa dia memakainya. Ola menjawab karena Allah dia ingin memakainya. Kenapa ada muslimah yang memakai dan kenapa ada yang tidak, Ola? Karena memang ulama berbeda pendapat ada yang mewajibkannya dan ada yang menjadikannya sunnah. Mengenakan hijab yang menampakkan wajah dan kedua tangan pun tidak apa-apa, ada dalilnya tapi makin kita mempelajari Al Qur'an dan Sunnah kita akan paham dan makin ingin mengerjakan apa yang telah kita ketahui (perintah2 Allah dalam Al Qur'an dan sunnah Nabi Muhammad saw). Kamu tahu, istri-istri Rasulullah saw mengenakan pakaian seperti ini? Nah, saya ingin seperti istri2 Rasulullah saw.

Ola juga mengajarkanku bahasa arab sedikit. Suatu kali dia bilang aku sudah pintar namun ketika dia tanya aku dengan bahasa arab, aku malah tidak bisa menjawabnya. Dia bilang..itu penyakit ain. Katanya, dia seharusnya mengucapkan masyaAllah...karena aku bisa bahasa arab karena Allah bukan karena aku...
Sekarang aku jadi membiasakan diri mengucapkan masyaAllah atau lebih lengkap laa quwwata ilah billah...
Ola juga sudah hapal Al qur'an beberapa juz dan dia menasihatiku, kalau mau hapal Al Qur'an, tinggalkanlah lagu dan musik...
MasyaAllah, Ola...kata-katamu kadang terdengar saklek tapi perkataanmu yang haq...aku gak mungkin lupa dirimu.


No comments:

Post a Comment