Wednesday, June 22, 2011

Pengajian TKW


Hari ini adalah pengajian terakhir bersama TKW sebelum liburan panjang...summer vacation anak-anak...InsyaAllah kedua bibi yang bekerja bersama kedua temanku (keluarga Indonesia) akan diajak berlibur ke Indonesia hingga mereka bisa mengunjungi keluarga sekaligus beribadah puasa dan berhari raya bersama keluarga di kampung halaman. Seorang lagi, InsyaAllah akan diajak majikannya yang orang Saudi ke Thaif, daerah darimana si majikan tersebut berasal. Aku dan juga mbak Diana insyaAllah akan liburan ke Jakarta. InsyaAllah aku dan anak-anak akan menjalani bulan Ramadan hingga iedul Fitri bersama orang tua dan kerabat di sana...sayang...suamiku tidak bisa ikut pulang kali ini...semoga Allah menjaga dia, dan juga aku bersama anak-anak yang akan terpisah beberapa waktu...amiin.

Sambil menunggu kehadiran mbak Diana yang biasa membimbing mereka sekaligus saya, saya ajak mbak-mbak melanjutkan membaca surah An Nisa ayat 117-121. Kami juga membaca terjemahannya dan begitu mbak Diana datang, mbak Diana menjelaskan maknanya serta tafsirannya berdasarkan tafsir Ibnu Katsir. Saya kutipkan terjemahan ayat-ayat tersebut disini:

117. yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala[349], dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,

118. yang dila'nati Allah dan syaitan itu mengatakan: "Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya)[350],

119. dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya[351], dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya[352]". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, Maka Sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

120. syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, Padahal syaitan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.

121. mereka itu tempatnya Jahannam dan mereka tidak memperoleh tempat lari dari padanya.

Mbak Diana mencoba menghubungkan cerita seorang mbak yang belakangan ini kerap melamun memikirkan anaknya di kampung. Melamun adalah jalan masuknya syeitan. Karenanya dalam keadaan apa pun entah sedang mencuci, memasak, menyetrika sebaiknya kita selalu berdzikir, bertasbih...agar syeitan tidak membangkitkan angan-angan kosong, mengajak kepada hal-hal yang menyesatkan dan merugikan. Syeitan kerap menggoda wanita yang sedang haid, karenanya dalam keadaan ini perbanyak dzikir (pagi & petang), membaca ayat kursi sebagai penjagaan dari ajakan syeitan yang mengajak berbuat keji, sebab wanita mens tidak diperkenankan shalat. Sedangkan shalat itu mencegah dari perbuatan keji....

Lalu mbak Diana mengajak kami membuka surah Al Mu'minun ayat 1-11...inilah kunci-kunci untuk membuka pintu surga Firdaus. Tips yang mudah diucapkan atau dibaca tapi membutuhkan azzam dan ikhtiar keras serta hati yang ikhlas dalam mengamalkannya hanya mengharap ridho Allah semata....Berati tidak semudah ucapan dan bacaan...semoga Allah memberi kemudahan hamba-hamba-Nya dalam mengamalkan 11 tips utk memasuki surga Firdaus, surga tertinggi yang letaknya dibawah Arasy Allah Ta'ala. MasyaAllah, begitu besar janji Allah kepada mereka yang mampu mengamalkannya dan kekal di dalam surga Firdaus itu....

1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

2. (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya,

3. dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

4. dan orang-orang yang menunaikan zakat,

5. dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

6. kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki[994]; Maka Sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada terceIa.

7. Barangsiapa mencari yang di balik itu[995] Maka mereka Itulah orang-orang yang melampaui batas.

8. dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

9. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya.

10. mereka Itulah orang-orang yang akan mewarisi,

11. (yakni) yang akan mewarisi syurga Firdaus. mereka kekal di dalamnya.

[994] Maksudnya: budak-budak belian yang didapat dalam peperangan dengan orang kafir, bukan budak belian yang didapat di luar peperangan. dalam peperangan dengan orang-orang kafir itu, wanita-wanita yang ditawan biasanya dibagi-bagikan kepada kaum muslimin yang ikut dalam peperangan itu, dan kebiasan ini bukanlah suatu yang diwajibkan. imam boleh melarang kebiasaan ini. Maksudnya: budak-budak yang dimiliki yang suaminya tidak ikut tertawan bersama-samanya.

[995] Maksudnya: zina, homoseksual, dan sebagainya.


Rasanya sedih juga meninggalkan majelis taklim di masjid ini....tempat dimana kami mengkaji ilmu dinul Islam. Selain mbak Diana ada Dyah yang bergantian membimbing mereka...sebelum mbak Diana bergabung...kadang saya yang menggantikan Dyah jika Dyah berhalangan tapi ilmu agama saya belum mumpuni makanya saya menggandeng mbak Diana...Biarlah saya berkontribusi sebagai supir, mengantar jemput wanita-wanita yang biasa membantu dalam rumah tangga ini...biarlah dengan kemampuan saya yang terbatas ini melayani mereka...tamu-tamu Allah dalam masjid (tempat beribadah pada Allah) walau hanya dengan sebotol air mineral. Tidak terasa sudah hampir dua tahun pengajian TKW berjalan, sebelumnya kuranglebih ada 8 orang tapi satu demi satu mereka pergi, tigak kembali ke tanah air, seorang pindah mengikuti majikannya ke camp lain, dan seorang dilarang majikannya untuk mengaji lagi. Ya Allah, jadikanlah Al Qur'an penyejuk hati mereka yang memilih berjuang mencari nafkah ke luar negeri...yang harus meninggalkan suami dan anak-anak di kampung...yang telah melanggar hukum-Mu bepergian tanpa mahram...Yaa Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang semoga pengajian ini menjadi pencerahan bagi mereka...lindungilah mereka dan berikanlah yang terbaik untuk mereka di dunia dan akherat...amiin.

1 comment:

  1. AssalamuAlaikum wr"wb Allahu Akbar-Allahu Akbar allah mahabesar.
    Kenalkan saya IBU ULAN TKI membernya yang kemarin aki brikan nmr 4D asal dari kota MEDAN, jadi tki di SINGAPUR, mau mengucapkan banyak2 trimakasih kepada KI PALAH yg sdh membantu kami sekeluarga melalui nmr TOGEL SINGAPUR 4D Keluar hari rabu kemarin allahamdulillah benar-benar kluar akhirnya dapat BLT Rp.500jt, sesuai niat kami kemarin KI, klo sdh jackpot, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi TKI, TKW, cepek jadi prantauan aki kerena sdh 15 tahun jadi tkw nga ada perkembangan, jangankan dibilang sukses buat kirim ke Kampung pun buat keluarga susah KI, malu KI ama kluarga pulang nga bawah apa2, kita disini hanya dpt siksaan dari majikan terkadan gaji tdk dikasih, jadi sekali lagi trimakasih byk buat aki sdh membantu kami, saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik KI PALAH terhadap kami.
    Buat sahabat2 tki & tkw yg dilandai masalah/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet tdk ada pilihan lain lg. jangan putus asa, disini kami sdh temukan solusi yg tepat akurat & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di teman2 di google dengan jaminan tdk bakal kecewa, jelas trasa bedahnya dengan AKI-AKI yang lain, sdh berapa org yg kami telpon sebelum KI PALAH semuanya nihil, hanya menambah beban, nga kaya KI PALAH kmi kenal lewat teman google sdh terbukti membantu ratusan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah s.w.t ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami AKI, sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami,skrg kami sdh bisa pulang dengan membawa hasil.
    Jika sahabat2 merasakan hal yang sama dengan kami.
    silahkan Hubungi KI PALAH siapa cepat dia dapat,
    TERBATASI penerimaan member...wajib 9 member bisa diterimah dlm 3x putaran.
    HUBUNGI LANSUNG DI NO:0823.8831.6351.
    Atau kunjungi Situs KI PALA dengan cara klik >>>>>KLIK DI SINI<<<<<

    ReplyDelete